Penyebab Handphone Android Cepet Panas / Overheat


Penyebab Handphone Android Cepet Panas / Overheat - Handphone, smartphone atau tablet merupakan gadget yang menemani kita sehari-hari. Tidak jarang, banyak dari kamu yang mungkin merasakan panas yang berlebihan pada handphone, smartphone atau gadget lainnya.
Terdapat berbagai penyebab handphone atau smartphone cepat panas, baik dari segi software maupun hardware gadget tersebut, hingga cara pemakaian gadget itu sendiri. Panas berlebih ini dapat mempengaruhi kinerja baterai dan menyebabkan baterai menjadi cepat habis.
Berikut ini beberapa tips cara mengatasi gadget yang mengalami panas berlebihan. Kamu bisa menerapkan cara-cara ini untuk perangkat Android, Blackberry dan lainnya.
Tentunya kita tidak akan bisa mengatasi masalah tanpa mengetahui penyebabnya. Cari tau penyebab terjadinya overheat pada gadget tersebut.

Kesalahan penggunaan 

Terlalu sering menggunakan gadget untuk sms, telpon berlama-lama, chatting atau browsing. Bermain game berat atau terlalu lama juga bisa menyebabkan overheat karena processor, GPU, RAM dll harus bekerja ekstra yang tentunya juga membutuhkan tenaga ekstra dari baterai, meskipun sumber panas bukanlah sepenuhnya berasal dari baterai.
Solusi :
Gunakanlah sewajarnya. Penggunaan berlebihan juga bisa menyebabkan daya baterai cepat terkuras alias boros. Pemakaian wajar juga bisa membantu menghemat baterai gadget kamu.

Kondisi cuaca atau area sekitar, serta panas dari luar gadget itu sendiri

Kondisi ruangan yang pengap atau gerah juga bisa mempengaruhi masalah suhu berlebihan pada gadget. Cara memegang yang salah juga bisa mempercepat naiknya suhu pada gadget.
Solusi : 
Sebaiknya gunakan gadget di area yang lebih sejuk jika ingin menggunakannya untuk hal-hal yang cukup berat seperti bermain game, browsing dll. Lalu saat menggunakan gadget (smartphone), genggamlah dengan "jari", bukan telapak tangan. Karena jika terlalu erat menggenggam terutama dengan telapak tangan, hal itu menyebabkan panas dari dalam gadget tidak dapat terlepas sempurna karena tertahan oleh telapak tangan kamu.
Berikanlah ruang agar gadget mendapat udara segar dan melepaskan panasnya. Selain itu, jika kamu menggenggamnya dengan telapak tangan, suhu atau panas tubuh akan masuk ke dalam gadget sehingga mempercepat naiknya suhu gadget.


Kekuatan signal atau jaringan yang kamu gunakan 

Kekuatan signal juga berpengaruh pada naiknya suhu pada gadget. Jaringan atau sinyal yang lemah akan membuat gadget lebih cepat panas terutama jika digunakan untuk browsing. Hal ini terjadi karena gadget kamu akan terus mencari jaringan yang lebih baik jika signal yang didapatnya terlalu lemah yang (sekali lagi) menyebabkan gadget harus bekerja ekstra.
Solusi:
Jika ingin browsing dengan gadget kesayangan, sebaiknya cari tempat yang lebih terbuka. Karena selain lebih sejuk, sering kali jaringan tersebut terhalang oleh tembok, sehingga signal yang diterima oleh gadget menjadi lemah.
Terlalu memaksakan memilih jaringan (3G/WCDMA Only misalnya) juga bisa menyebabkan gadget menjadi cepat panas. Jika jaringan di tempat anda lebih stabil di 2G/EDGE, maka sebaiknya hindarilah memaksakan jaringan seperti itu.

Terlalu banyak aplikasi berjalan di background 
Sering kali aplikasi yang kita jalankan sebelumnya masih tetap berjalan "dibalik layar" atau di background.
Solusi : 
Gunakanlah tombol / softkey "back" atau menu "exit" setelah menggunakan aplikasi. Jangan gunakan tombol "Home" (biasa terletak di bagian tengah antara "menu" dan "back" pada gadget Android) untuk menutup aplikasi. Karena jika anda menggunakan tombol Home, aplikasi tetap akan berjalan dibalik layar sehingga akan membebani kinerja prosesor dan RAM yang (sekali lagi) mengharuskannya bekerja ekstra. Selain bisa mempercepat naiknya suhu gadget, hal tersebut juga bisa membuat gadget kamu menjadi lemot.
Bagi kamu yang merasa gadgetnya lemot, Silahkan baca ==> DISINI


Kerusakan baterai 

Baterai yang sudah terlalu lama digunakan umumnya akan mengalami kerusakan yang ditandai dengan kembungnya baterai, keluarnya cairan dari baterai dll. Hal ini terutama berlaku untuk baterai berjenis Li-Ion yang "masa hidupnya" ditentukan oleh seberapa sering ia diisi ulang.
Solusi : 
Gantilah baterai tersebut karena jika dibiarkan akan mengakibatkan kerusakan lebih lanjut pada gadget anda sendiri. Gunakanlah baterai original untuk menjamin kualitas.
Jika hal diatas tidak membantu dan kamu masih merasa ada gangguan pada suhu gadget, ada baiknya kamu bawa ke service center terdekat karena bisa jadi ada kesalahan pada gadget itu sendiri.

0 Response to "Penyebab Handphone Android Cepet Panas / Overheat"

Post a Comment

Siapkan Jempol Anda Untuk Berkomentar