CARA EFEKTIK MENGHILANGKAN RASA PEDAS


CARA EFEKTIK MENGHILANGKAN RASA PEDAS Mengkonsumsi makanan pedas memang menurut sebagian orang bisa menjadikan nafsu makan lebih meningkat. Bahkan ada orang yang memiliki kebiasaan yang unik, yakni tidak bisa makan jika tidak ada sambal. Maka, tidak heran jika di beberapa daerah yang memiliki tradisi makan yang harus menyediakan sambal di meja makan. Akan tetapi, ada masalah lain yang dirasakan ketika selesai mengkonsumsi makanan pedas, yakni rasa pedas atau terbakar di dalam mulut. Rasa pedas ini disebabkan oleh senyawa yang bernama capsaicin, yang mana senyawa ini juga memiliki khasiat dan manfaat yang baik untuk tubuh Kita tentu tidak menginginkan jika rasa pedas itu hinggap di dalam mulut hingga waktu yang lama, sebab lidah pasti akan terasa tidak nyaman dan terganggu. Ada yang menyarankan “jika terasa pedas minumlah air putih yang banyak!” Mungkin cara ini tidak 100% salah, akan tetapi senyawa capsaicin tidak akan mudah hilang dengan kita meminum air, sebab senyawa ini termasuk senyawa layaknya seperti minyak yang menempel dan susah untuk hilang. Lalu langkah apa yang bisa kita tempuh, agar kita menyantap makanan favorit menjadi tidak terganggu?. Tentu sangat menyenangkan sekali ketika kita mengalami masalah lalu kita mengetahui solusi penyelesaiannya. 
     Berikut beberapa cara menghilangkan rasa pedas dengan cepat yang bisa diterapkan sehingga Anda tidak takut untuk menghadapi makanan yang menantang yang ekstra pedas:

 1. Minum susu 
Ketika Anda menyantap makanan favorit dan rasa pedas menghampiri Anda, maka cobalah untuk meminum susu, sebab susu termasuk salah satu minuman lemak yang memiliki kandungan senyawa casein, yaitu senyawa yang bisa mengikat senyawa capsaicin sehingga sangat efektif untuk menghilangkan rasa pedas. Caranya, minumlah susu lalu diamkan di dalam mulut beberapa menit hingga rasa pedas mulai mereda lalu telan. Produk olahan susu seperti yogurt atau es krim juga bisa dipakai untuk menghilangkan sensasi pedas dalam mulut. 

2. Minum air hangat 
Daripada Anda memilih minuman air dingin untuk menghilangkan rasa pedas, lebih baik Anda memilih air hangat atau panas, sebab air dingin malah akan membuat rasa pedas lebih betah berada di dalam mulut. Konsumsi lah air hangat atau panas, bisa dalam bentuk air putih biasa, teh atau pun susu hangat. 

3. Makan nasi atau roti 
Nasi atau pun roti juga bisa dipakai sebagai alternatif untuk menghilangkan rasa pedas. Caranya ambil sedikit nasi atau roti lalu kunyah pelan- pelan hingga rasa pedas hilang kemudian baru telan. 

4. Minuman asam 
Ketika Anda memilih menu makanan pedas, maka cobalah untuk memesan atau menyediakan minuman yang memiliki kandungan asam seperti jus tomat, lemon, atau jeruk. Sebab rasa asam yang dihasilkan dari buah-buahan tersebut bisa membantu menghilangkan senyawa capsaicin penyebab rasa pedas tersebut. 

5. Mentimun 
Mentimun termasuk buah- buahan yang memiliki kadar air cukup banyak serta memiliki kandungan- kandungan lain yang bisa membantu menetralisir rasa pedas. Caranya Anda hanya cukup menjadikan mentimun sebagai minuman jus atau dimakan secara langsung. Bagaimana cukup mudah bukan? Jadi Anda tidak usah khawatir jika Anda ingin menyantap makanan pedas yang menjadi favorit anda. Selain mudah diterapkan, bahan atau makanan dan minuman tersebut sangat mudah dijumpai disekitar kita. Ada tips lain, jika Anda merasakan tangan Anda pedas ketika memotong cabai, menumbuk sambal, atau makan sambal dengan tangan, anda bisa mengatasinya dengan cara merendam tangan Anda ke dalam beras atau dengan cara meremas-remas garam dengan berulang-ulang hingga rasa pedas hilang.

Semoga bermanfaat...!!!.

0 Response to "CARA EFEKTIK MENGHILANGKAN RASA PEDAS"

Post a Comment

Siapkan Jempol Anda Untuk Berkomentar