Manfaat dan Khasiat Daun Andong untuk Kesehatan Tubuh

Informasi ini disarikan dari hasil penelitian BPPT (IPTEKnet) dengan CODATA ICSU Indonesia yang direaliasikan pada tahun 2002.
Daun Andong termasuk dalam famili tumbuhan Liliaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah andong, hanjuang atau bakjuang. Tumbuhan ini bersifat menyejukan darah, menghentikan pendarahan, menghilangkan bengkak karena memar. Dalam farmakologi Cina tumbuhan ini disebutkan memiliki rasa manis ambar dan sejuk.


Nama lain dari Andong :
Bahasa Latin: Cordyline fruticosa (L) A. Cheval. Bahasa Jawa: Andong, Endong. Basa Sunda: Hanjuwang. Bahasa Aceh: Bak juwang, Laklak. Bahasa Batak: Kalinjuhang Katunggal, Linjuang, Si linjuang. Bahasa Makassar: Anjiluwang, Jiluwang, Lanjuwang, Linjuwang. Bahasa Bali: Andong, Endong, Handwang. Bahasa Lampung: Anderuwang. Bahasa Dayak: Renjuwang, Sabang, Sawang.

Tanaman ini banyak ditanam di pagar atau di kebun, ada juga yang menanam di dekat kuburan. Andong dulu kala berasal dari Asia Timur


Ciri-ciri fisik Andong:
  1. Bentuk umum tanaman ini adalah perdu yang bercabang. Mempunyai tinggi antara 2-4 m. Daun pada ujung ranting berjejal dengan susunan spiral. Memiliki tangkai yang seperti talang. Serta helaian daun bentuk garis atau lanset, 20-60 kali 1-13 cm, dengan pangkal yang berbentuk baji dan ujung runcing, hijau atau merah atau lorek. Ranting dengan bekas daun rontok yang berbentuk cincin.

  2. Anak daun pelindung pada pangkal bunga kecil. Daun tenda bunga berjumlah 6 yang memanjang dengan panjang 1,3 cm. Ada 3 buah yang luar pada bagian setengah bawah melekat, erat dengan yang di dalam, bagian yang teratas lepas dan melengkung ke belakang lagi.

  3. Andong memiliki biji hitam mengkilat. Benang sari berjumlah 6 buah dan tertancap pada tenda bunga. Kepala putik pendek 3 taju. Buah buni seperti bentuk bola, merah mengkilat.

Berikut  beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaanya :

TBC Paru dengan Batuk Darah

Daun kering 15 - 30 gr, atau bunga kering 9 - 15 gr atau akar kering 6 - 10 gr dicuci, kemudian rebus dan airnya diminum 3x sehari.

Nyeri Lambung dan Ulu Hati

Daun 15 - 30 gr, atau bunga 9 15 gr, atau akar 6 - 10 gr direbus kemuduian airnya diminum 2x sehari.

Air Kemih Berdarah, Tidak Mentrusi

Daun segar 60 - 100 gr, atau akar 30 - 60 gr, direbus kemudian airnya minum secukupnya 2x sehari.

Radang Gusi

Kulit dikikis, beri garam sedikit dan oleskan pada bagian yang sakit.

Itulah beberapa Manfaat Dan Khasiat Daun Andong untuk kesehatan tubuh yang sering kita tidak tahu, tetapi banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan sebagai pengobatan tradisional alami.
Selamat mencobanya dirumah anda dan semoga bermanfaat untuk semua.

WASSALAM..!!!.


3 Responses to "Manfaat dan Khasiat Daun Andong untuk Kesehatan Tubuh"

Siapkan Jempol Anda Untuk Berkomentar